Skip to main content

Inilah Rahasia Cicak Bisa Menempel Pada Dinding

Hasil gambar untuk bulu halus pada kaki cicak

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan reptil yang merayap yang berada di dinding atau pohon, yang bernama cicak.

Hewan cicak atau cecak ini memang sangat mudah ditemukan di sekitaran rumah kita, selain cicak, ada beberapa hewan sejenis yang juga sering terlihat di sekitaran rumah yakni tokek. Baik cicak ataupun tokek mereka sama-sama memiliki kemampuan untuk merayap atau berjalan di dinding. Dengan melakukan hal tersebut mereka tidak terjatuh atau terlepas dari dinding, sehingga menjadi sebuah hal yang khas bagi binatang ini.

Jika anda seringkali memperhatikan hewan-hewan tersebut, maka pernahkah terlintas, mengapa mereka mampu menempelkan tubuhnya di dinding dan tidak terjatuh sekalipun berjalan terbalik di atas atap. Tidak sama halnya seperti hewan lain bahkan manusia yang mungkin harus menggunakan alat bantu jika ingin melakukan hal yang sama seperti hewan reptil merayap satu ini.

Berbicara mengenai mengapa cicak ini mampu berjalan terbalik dan seakan menempel di dinding ketika berjalan, maka pada faktanya, hal itu semua terjadi karena hewan-hewan tersebut memiliki sebuah organ khusus yang mampu membantu mereka untuk bisa menempel di dinding secara kuat. Organ tersebut merupakan rambut-rambut halus yang sangat tipis hinga berukuran 200 nanometer, bahkan lebih tipis dari rambut manusia yang memiliki ukuran 100.000 nanometer. Rambut halus tersebut berjumlah milyaran di telapak kaki dari cicak atau tokek dan menjadi organ penting yang membantu mereka untuk berjalan di dinding.

Rambut halus yang dimiliki oleh hewan tersebut disebut juga sebagai spatulae. Dengan jumlahnya yang sangat banyak dan sangat kecil, cicak dan tokek menggunakan spatulae tersebut untuk masuk ke dalam atom lapisan dinding kemudian mengikat secara kuat dan menahan tubuhnya agar melekat dengan dinding dan bisa berjalan dengan mudah. Sehingga jika anda mengangap jika pada bagian kaki cicak atau tokek tersebut mengandung lem pereka kuat, maka hal tersebut adalah salah besar.

Fakta menarik dari cicak lainnya adalah gerakannya yang gesit. Meskipun mereka harus melakukan mekanisme memasukan bulu-bulu halus tersebut, tetapi mereka juga bsia tetap bergerak dengan sangat cepat, yakni dengan kecepatan 1/1000 detik itulah mengapa anda bisa sangat kesulitan untuk menangkap cicak ini. Selain dengan kaki, ternyata cicak juga menggunakan buntutnya sebagai kaki kelima untuk menahan dan menyeimbangkan tubuhnya di kala mereka menginjak permukaan dinding yang licin.

Cicak juga tidak selamanya mulus berjalan dan merayap di dinding, terkadang mereka juga harus terjatuh di kala menginjak permukaan yang licin yang menyebabkan kakinya tidak menempel di dinding. Dalam menghadapi situasi tersebut cicak akan mengandalkan buntutnya, namun ketika sudah terjatuh mereka akan dengan cepat kembali ke posisi paling aman terjatuh, sebab sama seperti halnya kucing cicak sendiri punya skema pertahanan diri ketika terjatuh, yakni berbalik dengan megandalkan buntutnya sehingga terjatuh dalam posisi aman.skema tersebut dilakukan oleh cicak bahkan dengan kecepatan mengagumkan, yakni 100 milidetik. Gerakan yang super cepat tersebut menjadi gerakan tercepat yang dilakukan hewan lain selain burung di udara.

Demikianlah rahasia di balik mengapa seekor cicak bisa menempel di dinding dengan hanya menggunakan kakinya saja.

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa Tuhan Ciptain Hati Kalau Hanya Untuk Dipatahkan

Kalaulah langit bisa berbicara selain mendengarkan, mungkin manusia akan meniggalkan teman hidupnya demi bercerita panjang lebar kepada langit. Terkadang Tuhan menjatuhkan ku dengan orang yang salah, dengan cinta yang salah. Lantas mengapa bisa? Apa hati terlalu jahat untuk dipatahkan? Apa hati tak bisa selalu dengan kebahagiaan? “Karena Tuhan tahu apa yang kita gak ketahui. Supaya kita tahu rasa sakitnya. Karena Tuhan gak mau apa-apa yang diciptakannya terlihat lemah.” -Sari Ramadhani. “Tuhan menciptakan hati untuk kesempurnaan manusia, biar dia merasakan bagaimana rasanya menyayangi dan disayangi, merasakan baaimana memperlakukan seseorang. Kalau tidak ada hati, manusia tidak akan merasakan cinta dan sebuah keturunan. Tuhan mematahkan hati seseorang karena Tuhan juga berkehendak baik untuknya.” – Novi Shelvia Putri. “Sebenarnya Tuhan tak pernah mematahkan hati kita seperti Dia menciptakan alam dan segala isinya buat kita. Kita sendiri yang mematahkan hati tersebu

Rindu Tak Berujung

Saat sunyi di malam hari, Saat orang terlelap di buai mimpi, Mata ini terbuka dan terjaga Begitu sulit rasanya untuk terpejam. Dan apakah gerangan yang sedang terjadi...??? Rupanya.. Sang  mata tak tega membiarkan sang hati yang sedang gundah, Menjerit.meratap,dan berduka seorang diri.. seketika sang mata  seakan bertanya.. Wahai hati..!!! mengapa gerangan engkau bersedih..?? Sang hati terdiam tapi sesaat dengan berat dia angkat bicara. Saat ini aku sedang rindu....... Rindu pada dia yang jauh dari sisiku, Wahai mata...!!! tolong kabarkan kepadaku, Sedang apa dia di sana...?? Akan kah dia kembali untuk diriku..?? Akan kah dia ingat akan diriku seperti hal nya aku yang slalu mengingatnya, Sang mata terpejam....tak sedikitpun kata dia ucapkan, Hanya lirih dan air mata yang keluar. Tapi dengan perlahan dia berkata.. Wahai hati..!! tenanglah engkau,biarkan air mata ini yang akan menemani rindumu meskipun aku tak tahu,kapan rind

Inilah 10 Makhluk Mitologi Populer dari Indonesia

Makhluk-makhluk dalam legenda merupakan makhluk mitologi yang hidup dalam cerita rakyat. Mungkin beberapa makhluk, seperti misalnya naga, memiliki asal usul dari mitologi tradisional, dan dipercaya sebagai makhluk yang benar-benar ada. Beberapa di antaranya berdasarkan kenyataan, atau mungkin sebuah fakta yang diputarbalikkan oleh orang-orang terdahulu. Begitu pula sebaliknya, seperti halnya cumi-cumi raksasa yang ternyata benar-benar ada di alam nyata. Mitologi telah menghasilkan berbagai macam makhluk atau monster terkenal dan ternama seperti garuda dan naga. Meski mereka sangat populer dalam beberapa mitologi dan kisah-kisah literatur di Indonesia, tapi sayang nama mereka justru kurang diketahui oleh dunia. Berikut, ada beberapa mahkluk mitologi dari Indonesia yang mungkin belum Anda ketahui. 1. Leak Leak muncul dalam mitologi Bali, konon mereka adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak berarti jahat. Konon, Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para duk